QURAN dan TerJemahan ~ PerHatikan Pesanan Allah dlm KiTabNya ini

AL QURAN

Listen to Quran
~*~*~*Al-Quran OnLine

15 September, 2009

Kisah-kisah Sufi


Kisah-kisah Sufi

oleh Idries Shah


ORANG YANG MENYADARI KEMATIAN

Konon, ada seorang raja darwis yang berangkat mengadakan
perjalanan melalui laut. Ketika penumpang-penumpang lain
memasuki perahu satu demi satu, mereka melihatnya dan
sebagai lazimnya --merekapun meminta nasehat kepadanya. Apa
yang dilakukan semua darwis tentu sama saja, yakni memberi
tahu orang-orang itu hal yang itu-itu juga: darwis itu
tampaknya mengulangi saja salah satu rumusan yang menjadi
perhatian darwis sepanjang masa.

Rumusan itu adalah: "Cobalah menyadari maut, sampai kau tahu
maut itu apa." Hanya beberapa penumpang saja yang secara
khusus tertarik akan peringatan itu.

Mendadak ada angin topan menderu. Anak kapal maupun
penumpang semuanya berlutut, memohon agar Tuhan
menyelamatkan perahunya. Mereka terdengar berteriak-teriak
ketakutan, menyerah kepada nasib, meratap mengharapkan
keselamatan. Selama itu sang darwis duduk tenang, merenung,
sama sekali tidak memberikan reaksi terhadap gerak-gerik dan
adegan yang ada disekelilingnya.

Akhirnya suasana kacau itu pun berhenti, laut dan langit
tenang, dan para penumpang menjadi sadar kini betapa tenang
darwis itu selama peristiwa ribut-ribut itu berlangsung.

Salah seorang bertanya kepadanya, "Apakah Tuan tidak
menyadari bahwa pada waktu angin topan itu tak ada yang
lebih kokoh daripada selembar papan, yang bisa memisahkan
kita dari maut?"

"Oh, tentu," jawab darwis itu. "Saya tahu, di laut selamanya
begitu. Tetapi saya juga menyadari bahwa, kalau saya berada
di darat dan merenungkannya, dalam peristiwa sehari-hari
biasa, pemisah antara kita dan maut itu lebih rapuh lagi."

Catatan

Kisah ini ciptaan Bayazid dari Bistam, sebuah tempat
disebelah selatan Laut Kaspia. Ia adalah salah seorang
diantara Sufi Agung zaman lampau, dan meninggal pada paroh
kedua abad kesembilan.

Ayahnya seorang pengikut Zoroaster, dan ia menerima
pendidikan kebatinannya di India. Karena gurunya, Abu-Ali
dari Sind, tidak menguasai ritual Islam sepenuhnya, beberapa
ahli beranggapan bahwa Abu-Ali beragama Hindu, dan bahwa
Bayazid tentunya mempelajari metode mistik India. Tetapi
tidak ada ahli yang berwewenang, diantara Sufi, yang
mengikuti anggapan tersebut. Para pengikut Bayazid termasuk
kaum Bistamia.

------------------------------------------------------------
K I S A H - K I S A H S U F I
Kumpulan kisah nasehat para guru sufi
selama seribu tahun yang lampau
oleh Idries Shah (terjemahan: Sapardi Djoko Damono)
Penerbit: Pustaka Firdaus, 1984

ORANG YANG BERJALAN DI ATAS AIR

ORANG YANG BERJALAN DI ATAS AIR

Seorang darwis yang suka berpegang pada kaidah, yang berasal
dari mazhab sangat saleh, pada suatu hari berjalan menyusur
tepi sungai. Ia memusatkan perhatian pada pelbagai masalah
moral dan ajaran, sebab itulah yang menjadi pokok perhatian
pengajaran Sufi dalam mazhabnya. Ia menyamakan agama
perasaan dengan pencarian Kebenaran mutlak.

Tiba-tiba renungannya terganggu oleh teriakan keras:
seseorang terdengar mengulang-ngulang suatu ungkapan darwis.
"Tak ada gunanya itu," katanya kepada diri sendiri, "sebab
orang itu telah salah mengucapkannya. Seharusnya
diucapkannya YA-HU, tapi dia mengucapkannya U-YA-HU."

Kemudian ia menyadari bahwa, sebagai Darwis yang lebih
teliti, ia mempunyai kewajiban untuk meluruskan ucapan orang
itu. Mungkin orang itu tidak pernah mempunyai kesempatan
mendapat bimbingan yang baik, dan karenanya telah berbuat
sebaik-baiknya untuk menyesuaikan diri dengan gagasan yang
ada di balik suara yang diucapkannya itu.

Demikianlah Darwis yang pertama itu menyewa perahu dan pergi
ke pulau di tengah-tengah arus sungai, tempat asal suara
yang didengarnya tadi.

Didapatinya orang itu duduk disebuah gubuk alang-alang,
bergerak-gerak sangat sukar teratur mengikuti ungkapan yang
diucapkannya itu. "Sahabat," kata darwis pertama, "Anda
keliru mengucapkan ungkapan itu. Saya berkewajiban
memberitahukan hal ini kepada Anda, sebab ada pahala bagi
orang yang memberi dan menerima nasehat. Inilah ucapan yang
benar." Lalu di beritahukannya ucapan itu.

"Terima kasih," kata darwis yang lain itu dengan rendah
hati.

Darwis pertama turun ke perahunya lagi, sangat puas, sebab
baru saja berbuat amal. Bagaimanapun, kalau orang bisa
mengulang-ngulang ungkapan rahasia itu dengan benar, ada
kemungkinan bisa berjalan diatas air. Hal itu memang belum
pernah disaksikannya sendiri tetapi --berdasarkan alasan
tertentu-- darwis pertama itu ingin sekali bisa melakukannya.

Kini ia tak mendengar lagi suara gubuk alang-alang itu,
namun ia yakin bahwa nasehatnya telah dilaksanakan
sebaik-baiknya.

Kemudian didengarnya kembali ucapan U-YA yang keliru itu
ketika darwis yang di pulau tersebut mulai mengulang-ngulang
ungkapannya.

Ketika darwis pertama merenungkan hal itu, memikirkan betapa
manusia memang suka bersikeras mempertahankan kekeliruan,
tiba-tiba disaksikannya pandangan yang menakjubkan. Dari
arah pulau itu, darwis kedua tadi tampak menuju perahunya,
berjalan diatas air.

Karena takjubnya, ia pun berhenti mendayung. Darwis keduapun
mendekatinya, katanya, "Saudara, maaf saya mengganggu Anda.
Saya datang untuk menanyakan cara yang benar untuk
mengucapkan ungkapan yang Anda beritahukan kepada saya tadi;
sulit benar rasanya mengingat-ingatnya."

Catatan

Dalam Bahasa Indonesia, hanya satu arti yang bisa
diungkapkan oleh kisah ini. Dalam versi Arab sering
dipergunakan kata-kata yang bunyinya sama tetapi berbeda
arti (homonim) untuk menyatakan bahwa kata itu bisa
dipergunakan untuk memperdalam kesadaran, disamping juga
menunjukkan sesuatu yang nilainya dangkal.

Di samping terdapat dalam sastra masa kini yang populer di
Timur, kisah ini juga didapati dalam naskah-naskah pelajaran
darwis, beberapa diantaranya sangat penting.

Versi ini berasal dan Kaum Asaaseen ('hakiki,' 'asli'), di
Timur Dekat dan Tengah.

(cerita serupa dari tradisi Kristiani)

------------------------------------------------------------
K I S A H - K I S A H S U F I
Kumpulan kisah nasehat para guru sufi
selama seribu tahun yang lampau
oleh Idries Shah (terjemahan: Sapardi Djoko Damono)
Penerbit: Pustaka Firdaus, 1984

Kisah-kisah Sufi

Kisah-kisah Sufi



oleh Idries Shah

RAKSASA DAN SUFI

Seorang ahli sufi yang sedang  mengadakan  perjalanan  lewat
sebuah perbukitan yang terpencil tiba-tiba berhadapan dengan
raksasa--setan tinggi  besar,  yang  akan  menghancurkannya.
Sufi  itu  berkata,  "Baik,  silahkan mencobanya; tetapi aku
bisa mengalahkanmu, sebab aku sangat perkasa dalam  pelbagai
hal,  lebih  dari  yang kau bayangkan." "Omong kosong," kata
Raksasa. "Kau ahli Sufi, yang terpikat pada masalah  rohani.
Kau  tak  akan  bisa  mengalahkan  aku,  sebab  aku memiliki
kekuatan badaniah, aku tiga puluh kali lebih besar darimu."

"Kalau kau menginginkan uji  kekuatan,"  kata  Sufi,  "ambil
batu ini dan perahlah air darinya." Ia memungut sebutir batu
kecil lalu memberikannya kepada Si Setan.  Setelah  berusaha
sekuat  tenaga,  Raksasa itu menyerah. "Tak mungkin; tak ada
air dalam batu ini. Coba tunjukkan kalau memang ada airnya."
Dalam  keremang-remangan, Sang Sufi mengambil batu itu, juga
mengambil  sebutir  telur  dari  kantungnya,  lalu   memerah
keduanya,  meletakkan tangannya di atas tangan Raksasa. Sang
Raksasa sangat terkesan; sebab orang  memang  suka  terkesan
oleh   hal-hal   yang   tidak  dipahami,  dan  menghargainya
tinggi-tinggi, lebih  tinggi  dari  yang  seharusnya  mereka
berikan.

"Aku harus memikirkan hal ini," katanya. "Mari kuajak kau ke
guaku,  dan  akan  ku jamu  kau  malam   ini."   Sang   Sufi
mengikutinya  masuk  ke  sebuah gua yang sangat besar, penuh
dengan barang-barang milik  para  pengembara  tersesat  yang
sudah    dibunuh,    benar-benar   merupakan   gua   Aladin.
"Berbaringlah disebelahku, dan  tidurlah,"  kata  Si  Setan,
"besok  aku  akan memberikan keputusan." Iapun membaringkan
dirinya dan segera tertidur.

Sang Sufi,  yang  secara  naluri  mengetahui  adanya  bahaya
pengkhianatan,    segera    merasa    harus    bangkit   dan
menyembunyikan diri ditempat yang agak  jauh  dari  Raksasa.
Itu  dilakukannya  sesudah  mengatur  tempat  pembaringannya
tadi, agar seolah-olah nampak ia masih  tidur  disamping  Si
Raksasa

Tidak  lama  setelah  ia  pindah  tempat itu, Si Raksasa pun
bangun. Ia mengambil sebuah  batang  pohon,  menghajar  Ahli
Sufi  yang  dikiranya  masih  tidur  disebelahnya itu dengan
tujuh pukulan yang sangat  kuat.  Lalu  ia  berbaring  lagi,
langsung  tidur. Sang Sufi kembali ketempat tidurnya semula,
berbaring lalu memanggil Raksasa.

"O Raksasa, guamu ini sangat menyenangkan, tetapi  aku  baru
saja  digigit  nyamuk  tujuh  kali.  Kau harus menyingkirkan
nyamuk itu."

Hal ini tentu saja sangat mengejutkan  Raksasa  sehingga  ia
tidak  berani  lagi menyerang Sang Sufi. Bagaimanapun, kalau
seorang telah dipukul tujuh kali dengan sebuah batang  pohon
oleh Raksasa yang menggunakan tenaga sekuat-kuatnya...

Paginya,  Si  Raksasa  memberikan kantong kulit lembu kepada
Sang Sufi, katanya, "Ambil air untuk makan pagi,  agar  kita
bisa  membuat  teh."  Sang  Sufi tidak mengambil kantong itu
(yang begitu besar sehingga diangkatpun sulit), tetapi pergi
menuju  ke  sebuah  sungai  kecil untuk menggali saluran air
kecil ke arah gua. Si Raksasa menjadi haus, "Kenapa tak  kau
bawa air?"

"Sabar,  Sobat,  saya  sedang  membuat  saluran tetap menuju
mulut gua, agar nantinya kau tak usah  membawa-bawa  kantong
berat  itu  untuk mengambil air." Tetapi Raksasa itu terlalu
haus dan tak sabar menanti. Diambilnya  kantong  kulit  itu,
lalu  ia  menuju ke sungai mengisinya dengan air. Ketika teh
sudah tersedia, ia meminum beberapa  galon,  dan  pikirannya
mulai  menjadi agak jernih. "Kalau kau memang kuat --dan kau
memang telah  membuktikannya--  kenapa  tak  bisa  kau  gali
saluran itu secara cepat, tetapi sejengkal demi sejengkal?"

"Sebab,"  kata  Sang Sufi, "tak ada hal yang sungguh-sungguh
berharga bisa dikerjakan tanpa penggunaan  tenaga  sesedikit
mungkin.    Setiap    hal    menuntut    penggunaan   tenaga
sendiri-sendiri;  dan  saya  menggunakan  tenaga   sesedikit
mungkin  untuk  menggali  saluran.  Disamping  itu, aku tahu
bahwa kau begitu  terbiasa  menggunakan  kantong  kulit  itu
sehingga tidak bisa meninggalkan kebiasaanmu."

Catatan

Kisah  ini sering terdengar di warung-warung di Asia Tengah,
dan menyerupai cerita rakyat di Eropa pada abad pertengahan.
Versi  ini berasal dari suatu Majmua (kumpulan kisah darwis)
yang aslinya ditulis  oleh  Hikayati  pada  abad  kesebelas,
menurut  kolofon,  tetapi dalam bentuknya yang kita baca ini
ia berasal dari abad ke enam belas.

------------------------------------------------------------
K I S A H - K I S A H   S U F I
Kumpulan kisah nasehat para guru sufi
selama seribu tahun yang lampau
oleh Idries Shah (terjemahan: Sapardi Djoko Damono)

Penerbit: Pustaka Firdaus, 1984

14 September, 2009

Sifat 20 utk Allah

Sifat 20 Bagi ALLAH


Sifat-sifat Allah yang wajib diketahui oleh orang-orang Islam yang terkandung di dalam al-Quran berjumlah 20 sifat. Termasuk juga sifat-sifat Mustahil yang wajib diketahui.

BIL : 1
SIFAT WAJIB : WUJUD
MAKNA : Ada
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu ada. Mustahil Allah itu tiada.

~*~Sifat 20v1


BIL : 2
SIFAT WAJIB : QIDAM
MAKNA : Sedia
SIFAT MUSTAHIL : Allah itu sedia ada. Mustahil didahului oleh Adam (tiada)


~*~Sifat 20v2

BIL : 3
SIFAT WAJIB : BAQA
MAKNA : Kekal
SIFAT MUSTAHIL : Allah itu bersifat kekal. Mustahil ia dikatakan fana (binasa)

BIL : 4
SIFAT WAJIB : MUKHALAFATUHU LILHAWADIS
MAKNA : Tidak sama dengan yang baharu
SIFAT MUSTAHIL : Allah itu tidak mempunyai sifat-sifat yang baharu yakni dijadikan dan dihancurkan. Mustahil bersamaan dengan yang baharu.

BIL : 5
SIFAT WAJIB : QIYAMUHUU BINAFSIH
MAKNA : Berdiri dengan dirinya sendiri
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu bersendiri. Mustahil tidak berdiri dengan dirinya sendiri atau berdiri pada lainnya.

BIL : 6
SIFAT WAJIB : WAHADAANIYAT
MAKNA : Esa
SIFAT MUSTAHIL : Allah itu Maha Esa Dzat-Nya, Esa sifat-Nya dan esa juga perangai-Nya. Mustahil ia mempunyai Dzat, sifat dan perangai yang berbilang-bilang.

BIL : 7
SIFAT WAJIB : QUDRAT
MAKNA : Kuasa
SIFAT MUSTAHIL : Alah Taala itu Maha Berkuasa. Mustahil Allah itu lemah atau tidak berkuasa.

BIL : 8
SIFAT WAJIB : IRADAT
MAKNA : Menentukan
SIFAT MUSTAHIL : Allah itu Menentukan segala-galanya. Mustahil Allah Taala itu terpaksa dan dipaksa.

BIL : 9
SIFAT WAJIB : ILMU
MAKNA : Mengetahui
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu amat mengetahui segala-galanya. Mustahil Allah tidak mengetahui.

BIL : 10
SIFAT WAJIB : HAYAT
MAKNA : Hidup
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu sentiasa hidup yakni sentiasa ada. Mustahil Allah Taala itu tiada atau mati.

BIL : 11
SIFAT WAJIB : SAMA'
MAKNA : Mendengar
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu tidak tuli (pekak). Mustahil Allah tuli atau tidak mendengar.

BIL : 12
SIFAT WAJIB : BASAR
MAKNA : Melihat
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu sentiasa melihat. Mustahil Allah Taala itu buta.

BIL : 13
SIFAT WAJIB : KALAM
MAKNA : Berkata-kata
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu berkata-kata. Mustahil Allah Taala itu tidak bercakap atau bisu.

BIL : 14
SIFAT WAJIB : QOODIRUN
MAKNA : Maha Kuasa
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu amat berkuasa sifatnya. Mustahil bagi Allah memiliki sifat lemah atau tidak berkuasa.

BIL : 15
SIFAT WAJIB : MURIIDUN
MAKNA : Menentukan
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu berkuasa menentukan apa yang dikehendakinya. Mustahil sifatnya terpaksa atau dipaksa.

BIL : 16
SIFAT WAJIB : 'ALIMUN
MAKNA : Maha Mengetahui
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu maha mengetahui. Mustahil Allah Taala itu jahil atau tidak mengetahui.

BIL : 17
SIFAT WAJIB : HAYUUN
MAKNA : Hidup
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu Maha Hidup dan menghidupkan alam ini. Mustahil pula Allah itu mati.

BIL : 18
SIFAT WAJIB : SAMI'UN
MAKNA : Mendengar
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu maha mendengar. Mustahil jika Allah Taala tidak mendengar atau tuli.

BIL : 19
SIFAT WAJIB : BASIIRUN
MAKNA : Melihat
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu melihat semua kejadian di muka bumi. Mustahil jika sifat Allah itu tidak melihat atau buta.

BIL : 20
SIFAT WAJIB : MUTAKALLIMUN
MAKNA : Maha Berkata-kata
SIFAT MUSTAHIL : Allah Taala itu berkata-kata. Mustahil jika Allah Taala bisu atau tidak boleh berkata-kata.

http://www.ipislam.edu.my/index.php/artikel/read/209/sifat-20-bagi-allah 
Di pos oleh Arbain Muhayat pada 08 June 2008


~*~Sifat 20v3



~*~Sifat 20v4



~*~Sifat 20v5



~*~Sifat 20v6



~*~Sifat Sifat ALLAH - Ustaz Kazim Elias
Huraian Kitab HIDAYATUL MUTAFAKIRIN siri ke-1



~*~Siapa Wali ALLAH - Ustaz Kazim Elias



~*~16. Mengenal 10 Sifat Wali Allah - Ustaz Kazim Elias

13 September, 2009

Ramadhan -- Apa yg lebih baik..

TAZKIRAH RAMADAN
Oleh Tuan Guru Dato’ Dr. Haron Din
APAKAH DOA YANG PALING UTAMA DI BULAN RAMADAN?
Muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah
sekalian. Kedatangan bulan Ramadhan
walaupun menjadi suatu kebiasaan kepada
kebanyakan orang, tetapi sebenarnya ianya
menjadi suatu mercu tanda kepada orang-orang
yang ingin mencapai kepada matlamat
penghidupan yang sebenarnya iaitu seperti
yang disebutkan oleh Allah swt khususnya
dalam kontek kita berpuasa disebutkan sebagai
“La ‘al lakum tat takuun” maksudnya
dengannya kamu akan memperolehi darjat
ketaqwaan kepada Allah swt. Menjadi suatu
yang agak lumrah kepada insan, biasa disebut,
di hafal dan diingati kalimah ini “La ‘al lakum tat takuun”, tetapi pernahkah,
sampaikah kita ke tahap “tat takuun” itu bila sampai Ramadan dan berakhir
Ramadan?
Sampaikah kita kepada apa yang nabi sebut kepada isteri-isterinya dan kepada
sahabat-sahabatnya iaitu “Faya ‘ajaban liman adraka ramada na fala yukh
farulah”, iaitu maksudnya “Alangkah hairannya (ajaibnya) bagi orang yang
telah sampai umurnya kepada menjelang Ramadan, apabila habis Ramadan
hairan kalau dia tidak mengambil kesempatan untuk Allah mengampunkan
semua dosa-dosanya”.
Tidak ada insan yang tidak berdosa melainkan nabi yang maksom. Kita lihat
dizaman ini banyak perkara yang terpaksa kita telan dan kita tempuh. Akibatnya
kita terpaksa menerima kemurkaan-kemurkaan Allah swt. kepada hambahambanya.
Kita lihat dari bala bencana, musibah demi musibah, kita lihat dari
berbagai-bagai kejadian yang tidak menyenangkan menunjukkan bahawa adanya
kemurkaan Allah. Allah tidak akan murka melainkan kerana besarnya dosa
manusia. Kerana itu datang ramadan, memanglah boleh menghairankan orang yang
sempat hidup sampai Ramadan, apabila habis Ramadan dosa dia tidak terampun.
Sebab itu Siti Aisyah radiaAllahhu anha ingin sangat untuk bertemua peluang
dengan malam Qadar (Lailatul Qadar), dia bertanya kepada nabi “Bilakah berlaku
malam Qadar?”. Nabi bertanya kepada Aisyah semula “Apakah kamu nak buat bila
kamu bertemu dengan malam Qadar?”. Aisyah menjawab “Saya tak tahu”
kemudian Aisyah bertanya lagi “Apakah yang patut saya buat bila bertemu dengan
malam Qadar itu?”. Nabi berkata kepada Aisyah “Malam itu malam yang amat baik
untuk beramal dimalamnya dan amat mudah dimakbul Allah doanya”. Aisyah
bertanya lagi “Apakah doa yang paling baik untuk aku berdoa pada malam itu?”
Nabi jawab “ Kalau kamu sempat berjumpa dan mengetahui malam itu ialah malam
Qadar berdoalah
“Allah humma innaka ‘afuu ’un karimun tuhib bul ‘af wa fa’ fu ‘anni”
(maknanya Ya Allah, Kamulah Tuhan yang sangat suka mengampun,
ampunkanlah dosa-dosa saya).
Sebenarnya Nabi dah tahu yang Aisyah itu akan masuk syurga ertinya dosanya
telah diampunkan oleh Allah tetapi kenapa Nabi masih menyuruh Aisyah untuk
memohon kepada Allah agar diampunkan dosa?. Sedangkan Aisyah memang layak
untuk tidak dimasukkan ke dalam neraka, hanya layak ke syurga. Soal dosa dan
pahala dia dah tak kisah sangat tapi nabi masih menyuruhnya berdoa supaya Allah
ampunkan dosa.
Saya nak kaitkan dengan satu kisah iaitu bila Allah bagi tahu kepada nabi
Muhammad s.a.w. iaitu ada insan yang akan lahir dikalangan Tabiin (“Tabiin”
maknanya satu kumpulan insan yang tidak sempat berjumpa dengan nabi tetapi
hanya sempat berjumpa dengan sahabat nabi sahaja. Kalau orang yang sempat
berjumpa dengan nabi, itu dipanggil “Sahabat”. Kalau orang yang lahir kedunia ini
setelah nabi wafat tetapi sempat berjumpa dengan Sahabat ia dipanggil Tabiin).
Nabi berpesan kepada Umar dan Ali, “Akan lahir dikalangan Tabiin seorang insan
yang doa dia sangat makbul nama dia Uwais al-Qarni dan dia akan lahir dizaman
kamu”.
Kita telah mengenali siapa dia Sayyidina Umar dan Sayyidina Ali iaitu orang-orang
yang telah disenaraikan sebagai “al-Mubasyirun bil Jannah” iaitu mereka dah
dijamin masuk syurga.
Nabi seterusnya berkata kepada Umar dan Ali, “Dizaman kamu nanti akan lahir
seorang insan yang doa dia sangat makbul. Kamu berdua pergilah cari dia. Dia akan
datang dari arah Yaman, dia dbesarkan di Yaman. Dia akan muncul dizaman kamu,
carilah dia. Kalau berjumpa dengan dia mintak tolong dia berdoa untuk kamu
berdua.”
Sama juga macam kisah Siti Aisyah tadi, Umar dan Ali bertanya kepada nabi soalan
yang sama iaitu “Apakah yang patut saya mintak daripada Uwais al-Qarni, Ya
Rasulullah? Nabi menjawab “Kamu mintak kepadanya supaya dia berdoa kepada
Allah agar Allah ampunkan dosa-dosa kalian”.

Banyak peristiwa sahabat yang berjumpa dengan nabi, mintak sesuatu yang baik
kepada mereka, nabi menjawab “Pohonlah al-Maghfirah daripada Allah swt.” Jadi
topik al-Maghfirah (keampunan) ini menjadi topik yang begitu dicari yang begitu
relevan, hatta kepada orang yang telah disenaraikan sebagai ahli syurga. Kalau
logiknya ahli syurga macam dah tak perlu kepada ampun dosa kerana mereka dah
dijamin masuk syurga, tetapi tidak, nabi masih tekankan supaya mintak Allah
ampunkan dosa.
Siti Aisyah telah bertemu dengan malam Qadar, dia telah berdoa sepanjang malam
sampai ke subuh dengan doa yang nabi ajarkan iaitu “Allah humma innaka ‘afuu
’un karimun tuhib bul ‘af wa fa’ fu ‘anni” (maknanya Ya Allah, Kamulah Tuhan
yang sangat suka mengampun, ampunkanlah dosa-dosa saya).
Memang benarlah firasat seorang nabi, Uwais al-Qarni telah muncul di zaman
Sayyidina Umar dan Sayyidina Ali. Memang mereka tunggu dan cari kabilahkabilah
yang datang dari Yaman ke Madinah, akhirnya bertemu mereka dengan
Uwais al-Qarni.
Dengan pandangan mata luar, tidak mungkin dia orang yang nabi maksudkan.
Kerana orang itu pada pandangan insan-insan biasa atau orang-orang yang datang
bersama dengannya bersama kabilah menganggapkan dia seorang yang akal tidak
sempurna (wire short), sesuatu yang macam tidak betul pada pandangan orang.
Tetapi dia ada sesuatu…..

Asal usul Uwais al-Qarni
Dia asalnya berpenyakit sopak, badannya putih, putih penyakit yang tidak digemari.
Walaupun dia sopak tetapi dia seorang yang soleh, terlalu mengambil berat tentang
ibunya yang uzur dan lumpuh. Dia telah begitu tekun untuk mendapatkan
keredhaan ibunya. Bapa dia meninggal dunia ketika dia masih kecil lagi. Dia sopak
sejak dilahirkan dan ibunya menjaga dia sampai dia dewasa.
Satu hari ibunya memberitahu kepada Uwais bahawa dia ingin sangat untuk pergi
mengerjakan haji. Dia menyuruh Uwais supaya mengikhtiarkan dan mengusahakan
agar dia dapat dibawa ke Mekah untuk menunaikan haji.
Sebagai seorang yang miskin, Uwais tidak berdaya untuk mencari perbelanjaan
untuk ibunya kerana pada zaman itu kebanyakan orang untuk pergi haji dari Yaman
ke Mekah mereka menyediakan beberapa ekor unta yang dipasang diatasnya
“Haudat”. Haudat ini seperti rumah kecil yang diletakkan di atas unta untuk
melindungi panas matahari dan hujan, selesa dan perbelanjaannya mahal. Uwais
tidak mampu untuk
Ibu Uwais semakin uzur maka ibunya mendesak dan berkata kepada anaknya
“Anakku mungkin ibu dah tak lama lagi akan bersama dengan kamu, ikhtiarkanlah
agar ibu dapat mengerjakan haji”.
Uwais mendapat suatu ilham, dia terfikir apa nak dibuat. Dia membeli seekor anak
lembu yang baru lahir dan dah habis menyusu. Dia membuat sebuah rumah kecil
(pondok) di atas sebuah “Tilal” iaitu sebuah tanah tinggi (Dia buat rumah untuk
lembu itu di atas bukit).
Apa yang dia lakukan, pada petang hari dia dukung anak lembu untuk naik ke atas
“Tilal”. Pagi esoknya dia dukung lembu itu turun dari “Tilal” untuk diberi makan.
Itulah yang dilakukannya setiap hari. Ada ketikanya dia mendukung lembu itu
mengelilingi bukit tempat dia beri lembu itu makan.
Perbuatan yang dilakukannya ini menyebabkan orang kata dia ini gila. Memang
pelik, buatkan rumah untuk lembu diatas bukit, kemudian setiap hari usung lembu,
petang bawa naik, pagi bawa turun bukit.
Tetapi sebenarnya niatnya baik. Kalau lembu kita buat begitu pagi sekali petang
sekali daripada lembu yang beratnya 20kg, selepas enam bulan lembu itu sudah
menjadi 100kg. Otot-otot (muscle) tangan dan badan Uwais menjadi kuat
hinggakan dengan mudah mengangkat lembu seberat 100kg turun dan naik bukit.
Tetapi sebenarnya niatnya baik. Kalau lembu kita buat begitu pagi sekali petang
sekali daripada lembu yang beratnya 20kg, selepas enam bulan lembu itu sudah
menjadi 100kg. Otot-otot (muscle) tangan dan badan Uwais menjadi kuat
hinggakan dengan mudah mengangkat lembu seberat 100kg turun dan naik bukit.
Selepas lapan bulan dia buat demikian telah sampai musim haji, rupa-rupanya
perbuatannya itu adalah satu persediaan untuk dia membawa ibunya mengerjakan
haji. Dia telah memangku ibunya dari Yaman sampai ke Mekkah dengan kedua
tangannya. Dibelakangnya dia meletakkan barang-barang keperluan seperti air, roti
dan sebagainya. Lembu yang beratnya 100kg boleh didukung dan dipangku inikan
pula ibunya yang berat sekitar 50kg. Dia membawa (mendukung dan memangku)
ibunya dengan kedua tangannya dari Yaman ke Mekah, mengerjakan Tawaf, Saie
dan di Padang Arafah dengan senang sahaja. Dan dia juga memangku ibunya
dengan kedua tangannya pulang semula ke Yaman dari Mekah.
Setelah pulang semula ke rumah dia di Yaman, Ibu dia berkata kepada dia “ Uwais,
apa yang kamu berdoa sepanjang kamu berada di Mekah?”. Uwais menjawab “Saya
berdoa minta supaya Allah mengampunkan semua dosa-dosa ibu”. Ibunya bertanya
lagi “Bagaiman pula dengan dosa kamu”. Uwais menjawab “Dengan terampun dosa
ibu, ibu akan masuk syurga, cukuplah ibu redha dengan saya maka saya juga masuk
syurga”.
Ibunya berkata lagi “Ibu nak supaya engkau berdoa agar Allah hilangkan sakit putih
(sopak) kamu ini”. Uwais kata “Saya keberkatan untuk berdoa kerana ini Allah
yang jadikan. Kalau tidak redha dengan kejadian Allah, macam saya tidak
bersyukur dengan Allah ta’ala”. Ibunya menanbah “Kalau nak masuk syurga, kena
taat kepada perintah ibu, Ibu perintahkan engkau berdoa”.
Akhirnya Uwais tidak ada pilihan melainkan mengangkat tangan dan berdoa. Uwais
berdoa seperti yang ibu dia minta supaya Allah sembuhkan putih yang luar biasa
(sopak) yang dihidapinya itu. Tetapi kerana dia takut masih ada dosa pada dirinya
dia berdoa “Tolonglah Ya Allah kerana ibu aku suruh aku berdoa hilangkan yang
putih pada badanku ini melainkan tinggalkan sedikit”
Allah swt. sembuhkan serta merta, hilang putih sopak diseluruh badannya kecuali
tinggal satu tompok sebesar duit syiling ditengkuknya. (Kalau bagi nabi, baginda
ada Khatam Nubuwah iaitu tanda kenabian, tanda pada nabi bersinar) Tanda
tompok putih pada Uwais sebab dia mintak agar jangan dibuang kesemuanya,
kerana ini (sopak) adalah anugerah, maka nabi sebut kepada Umar dan Ali akan
tanda ini. Tandanya kamu nampak dibelakang dia ada satu bulatan putih, bulatan
sopak. Kalau berjumpa dengan tanda itu dialah Uwais al-Qarni.
Selepas tidak lama Uwais berdoa yang demikian, ibunya telah meninggal dunia. Dia
telah menunaikan kesemua permintaan ibunya. Selepas itu dia telah menjadi orang
yang paling tinggi martabatnya disisi Allah. Doa dia cukup makbul hatta penyakit
sopak pun boleh sembuh. Mengikut al-Quran, Nabi Isa Alaihisalam yang pernah
berdoa untuk kesembuhan penyakit sopak dizamannya.
Berbalik kita kepada point asal, Sayidina Umar dan Sayidina Ali dapat berjumpa
dengan Uwais ini minta satu sahaja iaitu minta supaya doakan supaya Allah swt.
mengampun semua dosa-dosa mereka.
Ketika Uwais al-Qarni berjumpa Umar dan Ali, dia berkata “Aku datang ini dari
Yaman ke Madinah kerana aku nak tunaikan wasiat nabi kepada kamu iaitu supaya
kamu berdua berjumpa dengan aku. Aku datang ini nak tunaikan wasiat itulah”.
Maka Uwais pun telah mendoakan untuk mereka berdua.

Doa yang paling utama di malam Qadar
Seperti yang saya sebutkam dipermulaan tadi “Faya ‘ajaban liman adraka ramada
na fala yukh farulah”, Memang hairan orang yang dapat hidup sampai
Ramadan ini, tetapi dosa dia tidak diampun.
Kalau malam ini malam Qadar, fokus kita selalunya memanglah nak minta hal-hal
keduniaan. Kalau kita dapat rasakan dalam perasaan dalaman seorang insan kecil
hamba Allah ini apa yang hendak kita mintak di malam Qadar? Saya rasa orang
tidak begitu berminat untuk minta supaya diampunkan segala dosa, mereka akan
minta yang lain pula, minta saham naik, perniagaan laris, dapat kahwin lagi dua,
kaya, mesti pilihan mereka kepada kesenangan-kesenangan dunia, sedangkan
“Wallah yuridul akhirah”. Allah dan RasulNya lebih mengutamakan penghidupan
akhirat itulah yang paling mustahak sekali.
Selama ini pun kita tidak tahu bahawasanya terampunkah dosa-dosa yang telah kita
buat? walaupun kita rasa macam dosa itu Allah telah ampunkan.
Ada peluang yang macam ini iaitu malam Qadar atau berpeluang berjumpa dengan
orang-orang yang konfirm macam tadi iaitu doa-doa mereka makbul seperti orangorang
yang soleh dan seumpamanya doa yang paling utama dan besar diminta ialah
minta supaya Allah mengampunkan semua dosa-dosa kita.
Bukan kata orang lain sebagai contoh besar, hatta nabi yang dikatakan “Ghoforollah
hu mat taqadaman”, Allah ta’ala ampunkan dosa dia yang telah lalu (jika ada) dan
juga ampun untuk yang akan datang.
Tetapi kenapa nabi masih berdoa kepada Allah tiap-tiap hari tidak kurang dari
seratus kali iaitu “Astagh firruka humma waatubu ilaih”. Sehari seratus kali ,
sembahyang baginda, berdoa panjang-panjang sampai dikataka juga (hadith Aisyah)
sampai bengkak kaki nabi. Sampai Siti Aisyah berkata kepada nabi, “Ya
Rasulullah, kenapalah sampai kamu teruk-teruk beribadah hingga bengkak kaki,
sembahyang lama-lama, menangis lama-lama, tidakkah Allah telah ampunkan dosa
kamu dahulu dan kemudian?”. Nabi menjawab “Kalau demikian adanya mengapa
aku tidak menjadi hamba yang bersyukur”.
Syukur maknanya melakukan ibadah kepada Allah swt. Inilah yang saya katakan
tadi, datanglah sistem yang Islam kemukakan kepada ummah, seluruh aktiviti-aktiiti
ibadah, penumpuan kepada persiapan-persiapan yang dikatakan “Wa tazau wadu”
kesemuanya ditujukan ke arah pembersihan diri, hati, akal dan budi daripada yang
dipanggil “al-khush” (yang tidak baik).
Al-Quran memberikan satu analogi iaitu Bumi kalau sudah cantik dan subur dia
mudah menumbuhkan pokok-pokok yang bermanfaat dan bagi bumi yang kotor
(bagi maksud tidak sesuai ditanam tumbuhan) seperti tempat berbatu dan berpasir,
tanam apapun tak tumbuh, kalau tumbuh pun dia tak jadi seperti tempat yang lain.
Maksudnya sama seperti insan, kalau yang disimpan dalam diri kita ini kotor (benda
yang jijik) maka tidak akan keluar melainkan yang kotor juga. Kalau dalam diri kita
baik, dia akan menumbuhkan yang baik, amal dia baik, kata-kata dia baik, akhlak
dia baik, muammalah dia baik dan dia dikatakan orang yang baik.
Allah itu baik, Dia tidak terima amalan melainkan amalan yang baik juga. Sebab itu
dari awal Islam datang dah ada sistem seperti contoh ayat-ayat al-Quran yang awal
turun surah Al-Mudatsir, firman Allah yang bermaksud “Wahai orang-orang yang
sedang tidur, bangunlah kamu beri peringatan kepada manusia (maknanya bergerak
dalam satu wadah perjuangan, mengerakkan jiwa diri sendiri dan jiwa insan) dan
kepada Tuhanmulah kamu wajib membesarkanNya, jangan mengagungkan yang
lain, agungkan Allah swt. sahaja.
Caranya diberikan beberapa analogi seperti apa yang kamu pakai iaitu pakaian
biasa, rumah tempat tinggal, kereta yang dinaiki dan apa sahajalah mestilah yang
bersih, kamu kena sucikan dia. Sebab ini sangat kena dengan ayat yang nabi hayati.
Diantara pakaian yang nabi suka pakai ialah pakaian putih yang melambangkan suci
dan bersih. Walaupun kadangkala nabi pakai warna merah dan hitam didalam
peperangan tetapi yang paling nabi sukai ialah warna putih.
Sebab itu kita lihat, pakaian haji putih, kain kafan putih (tak pernah nampak lagi
kain kafan warna hijau, kain kafan biru lagi tak pernah nampak). Ditempat saya
masjid-masjid gunakan kain putih sebagai alas tempat sujud. Serban umumnya
putih. Serban nabi putih kadangkala ada yang hijau.
Apabila diluar memakai pakaian putih bersih maka didalam diri perlu buang segala
kekotoran. Islam mengajar agar diluar bersih sehingga kedalam diri juga bersih.
Kalaulah inilah yang nabi buat dari pada mula memanglah bulan Ramadan ini yang
utama ialah untuk membersihkan diri.
Dengan puasa yang kita buat, malam kita bertarawih, berdoa secara bersistematik
dari awal ramadan sampai akhir ramadan iaitu doa;
“Allah humma innaka ‘afuu ’un karimun tuhib bul ‘af wa fa’ fu ‘anni”
(maknanya Ya Allah, Kamulah Tuhan yang sangat suka mengampun,
ampunkanlah dosa-dosa saya).
Kalau dibuat setiap malam dari awal ramadan sampai akhir ramadan pastilah kita
jumpa dengan satu malam yang mana malam ini ialah malam Qadar. Sebab dia
pasti datang setiap tahun dibulan ramadan. Kalau kena malam itu maka sampailah
tujuan tadi kita dapat memohon daripada Allah swt. minta yang paling berharga
iaitu bermohon agar Allah mengampunkan semua dosa-dosa kita. Kalau bertemu
demikian kita sampailah kepada matlamat tadi iaitu “La’al lakum tat takun”
dengannya kamu bertaqwa, dengannya kamu sampai kepada matlamat yang
dikatakan tadi.
“Ya ‘ajaban”, memang menghairankan orang yang sempat datang Ramadan
kepadanya dia tidak manfaatkan ramadan itu untuk Allah ampunkan semua dosadosanya.
Semua krisis-krisis dunia, semua masalah yang insan hadapi didunia, yang kita
hadapi hari ini dalam semua masalah, pergaduhan, hutang yang banyak, akan
berakhir bila orang itu mati. Kita berjanji dengan orang, bertelagah, bergaduh,
semua krisis-krisis dunia ini kepada seorang insan dia habis bila dia mati.
Tetapi krisis dosa dengan Allah ta’ala khasnya krisis keimanan, krisis kerana kita
menyimpan dosa yang melibatkan iman dan sebagainya, didunia dia tidak
menampakkan masalah tetapi sebenarnya ia akan bermula apabila telah hampir nak
mati, masuk kubur lagi masalah, alam barzakh lagi masalah, sampai kepada alam
mahsyar lagi bermasalah puncanya balik kepada dosa tadi.
Sebab itu nabi telah bagi satu garis panduan yang cukup senang kita faham. Kita
tidak disuruh minta dimalam Qadar supaya turun emas dari langit, minta agar
dikasihani oleh semua orang, minta agar dijadikan ketua selama-lamanya, untung
berniaga, bukan itu yang patut diminta. Sebaliknya nabi bagi contoh kalau ini dapat
kamu capai walaupun dunia kamu susah sekejap tetapi kamu akan berakhir krisis
dunia ini bila kamu mati.
Jika kamu ada dosa ini mati bermula suatu penghidupan yang perit, malah dari
sejak nak mati sekalipun sudah bermula, sampai kepada peringkat orang-orang yang
“Zalimi an fusu hum” orang-orang yang menzalimi diri mereka dalam kehidupan
ini kerana membiarkan dosa, banyak melakukan dosa, tidak cuba untuk membuang
dosa, bila nak mati akan datang malaikat kepada mereka dengan pemukul untuk
pukul muka, belakang hingga ke punggung mereka. Ia bermula daripada nyawa nak
keluar, tergantung-gantung diantara langit dan bumi, diantara barzakh dengan tidak
barzakh, masuk kubur terseksa.
Sebab itulah nabi nak lepaskan kita daripada seksaan ini semua, nak pastikan
kepada isteri dia Siti Aisyah pun berpesan “Kalau kamu dapat malam Qadar jangan
minta yang lain selain daripada minta supaya diampunkan Allah segala dosa”.
Ingatlah juga ketika nabi berpesan kepada orang yang dia sayangi iaitu Umar (bapa
mertuanya) dan Ali (menantunya) kalau kamu berjumpa dengan Uwais al-Qarni
mintalah supaya Allah ampunkan segala dosa kamu. Begitu juga nabi berpesan
kepada sahabat-sahabat yang lain supaya bermohon supaya Allah ampunkan segala
dosa.
Penutup
Memang telah menjadi tradisi kita di Darussyifa’, kita bertemu sekali dalam bulan
Ramadan bersama-sama berbuka puasa, bersolat tarawih dan saya berpeluang untuk
berucap mengajak diri saya dan mengajak semua orang. Kita akan manfaatkan
Ramadan ini dengan fokus kita supaya tidak ada lagi dosa, kalau ada dosa
diampunkan. Caranya kita jangan tambah dosa, yang ada selesaikan. Minta ampun
yang berbaki daripadanya.
Dan AlhamdulilLah jika kita diambil oleh Allah dibulan Ramadan lebih-lebih lagi
jika kita mati di Mekah di bulan Ramadan. Macam baru-baru ini orang Malaysia
yang mati kemalangan jalanraya di Mekah, kita cemburu kerana Allah pilih dia dan
tidak pilih kita. Pilih mereka yang dalam musafir, dalam keadaan buat Umrah,
dalam bulan Ramadan pula, mati syahid dunia kerana mereka luka parah, kemudian
disembahyangkan pula di Masjidil Haram yamg setiap malam sembahyang itu
jutaan manusia yang mendoakan mereka masuk syurga. Jadi itu satu keberuntungan
kerana Allah pilih mereka. Kita pula menunggu giliran entah dimana..
Maka persediaan kepada kita, pada saya, pada saudara sekalian, kita ambil peluang
Ramadan ini untuk Allah ampunkan dosa kita semua. Supaya kita termasuk
dikalangan hamba yang akan beruntung khasnya selepas kita kembali kepada Allah
swt.
Selamat berpuasa, selamat berhari raya, maaf zahir batin, terima kasih kepada yang
menganjurkan majlis malam ini Darussyifa’ dan kita mengharapkan kepada Allah
swt. agar sentiasa menghimpunkan kita sebagai orang-orang yang sentiasa berkasih
sayang dan saling bermaaf-maafan menuju kepada kerahmatan dan keberkatan
Allah swt.

**********************************************

Tazkirah ramadan ini ditulis semula daripada rakaman tazkirah Ramadan oleh Tuan
Guru Dato’ Dr. Haron Din pada hari Khamis 12 Ramadan 1427H bersamaan 5
Oktober 2006. Mungkin terdapat kesilapan dalam penulisan semula ini
bagaimanapun sila mendengar rakaman asal untuk yang asli.
Untuk mendengar rakaman audio Tazkirah ini silalah lawat laman web
Darussyifa’ di http://www.darussyifa.org/

09 September, 2009

Imam Abu Omar-- Ditangkap dan Disiksa

Imam Abu Omar Tuntut Ganti Rugi 14 Juta Dollar --

Ditangkap dan Disiksa

Imam Muslim asal Milan, Italia yang dikenal dengan nama Abu Omar mengajukan gugatan sebesar 10 juta euro atau sekitar 14 juta dollar terhadap sebagai ganti rugi atas penderitaan fisik dan mental yang dialaminya.
Tuntutan itu disampaikan kuasa hukumnya, Carmleo Scambia dalam sidang pengadilan di Milan. Scambia mengatakan, Omar berhak atas ganti rugi secara materil karena telah mengalami "penghinaan di luar batas kemanusiaan" selama ia berada dalam tahanan di sebuah penjara yang berlokasi di luar kota Kairo, Mesir.

Abu Omar yang bernama asli Osama Hassan Nasr bisa "terdampar" di Mesir karena penangkapan yang diduga dilakukan oleh agen-agen CIA yang kemudian memindahkannya ke Mesir. Omar ditangkap pada bulan Februari 2003 ketika ia berjalan menuju masjid. Menurut Omar, ia ada salah satu korban operasi penangkapan besar-besaran yang dilakukan agen-agen rahasia AS ke seluruh negara pasca serangan 11 September 2001.

Sebelum ditangkap oleh agen-agen CIA, otoritas pemerintahan Italia sudah memantau aktivitas Abu Omar karena dicurigai terlibat dalam kegiatan terorisme. Namun menurut Scambia, kuasa hukum Omar, kliennya ditangkap tanpa surat perintah penangkapan resmi.
Abu Omar mendekam di penjara Mesir selama hampir empat tahun dan dibebaskan pada tahun 2007.

Menurut Scambia selama berada dalam penjara, kliennya mengalami "penyiksaan yang tak terbayangkan" seperti perkosaan, disetrum listrik dan pemukulan.
"Dia (Abu Omar) bukan teroris. Dia mendapatkan suaka politik di Italia. Lebih dari itu, ia adalah seorang manusia," kata Scambia dalam pembelaannya di pengadilan.

Kasus Omar diproses di persidangan sejak ia dibebaskan pada Juni tahun 2007 dan menjadi kasus pertama yang disidangkan di negara Eropa, terkait operasi penangkapan dan pemindahan para tersangka teroris yang dilakukan CIA pasca serangan 11 September 2001.

Pada tanggal 30 September kemarin, jaksa Armando Spataro mengajukan tuntutan hukuman 13 tahun penjara terhadap mantan pimpinan CIA, Jeff Castelli dan mantan kepala intelejen Italia, Nicolo Pollari yang dituduh terlibat dalam kasus penangkapan dan penahanan Abu Omar.

Spataro juga mengajukan tuntutan hukum 12 tahun penjara pada dua mantan agen CIA lainnya yang terlibat; Robert Lady dan Sabrina De Sousa. Keduanya adalah agen CIA yang ditugaskan di Italia serta 11 tahun penjara pada sejumlah aparat keamanan yang juga terlibat secara langsung dalam kasus penangkapan Abu Omar. Jaksa Spataro mengatakan, hukuman itu pantas diberikan pada para tersangka pelaku karena mereka telah menggunakan metode yang brutal dan barbar saat menginterogasi Omar.

Kuasa hukum Abu Omar, Carmleo Scambia meminta hakim agar menvonis bersalah dan menjatuhkan hukuman yang setimpal serta denda pada para tersangka.
Sementara itu, pengacara Luca Bauccio yang mewakili isteri dan anak-anak Abu Omar mengajukan gugatan materi sebesar lima juta euro sebagai kompensasi bagi isteri dan anak-anak Abu Omar yang "kehidupannya jadi terganggu" selama Omar ditahan.


http://www.eramuslim.com/berita/dunia/ditangkap-dan-disiksa-imam-abu-omar-tuntut-ganti-rugi-14-juta-dollar.htm



LadingEmas27@gmail.com

08 September, 2009

Amalan ~ Doa ~ Wirid ~ Zikir

D Z I K I R


Syeikh Abul Qasim al-Qusyairy ardi
Allah swt. berfirman:
"Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah
kepada Allah dengan dzikir yang sebanyak banyaknya."
(Q.s. Al Ahzab: 41).

Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. telah bersabda:
"Maukah kuceritakan kepadamu tentang amalmu terbaik dan
paling bersih dalam pandangan Allah swt, serta orang
yang tertinggi derajatnya di antaramu, yang lebih baik
dari menyedekahkan emas dan perak serta memerangi musuh
-musuhmu dan memotong leher mereka, dan mereka juga
memotong lehermu?"

Para sahabat bertanya, "Apakah itu, wahai Rasulullah?"
Beliau menjawab, "Dzikir kepada Allah swt." (H.r. Baihaqi).

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik na, bahwa Rasulullah
saw. 'bersabda:"Hari Kiamat tidak akan datang kepada
seseorang yang mengucap 'Allah, Allah'." (H.r. Muslim).

Anas r.a. juga menuturkan, bahwa Rasulullah saw.
bersabda,"Kiamat tidak akan datang sampai lafazh 'Allah,
Allah' tidak lagi disebut-sebut di muka bumi." (H.r. Tirmidzi).

Syeikh Abu Ali ad-Daqqaq berkata, "Dzikir adalah tiang
penopang yang sangat kuat atas jalan menuju Allah swt.
Sungguh, ia adalah landasan bagi tharikat itu sendiri.

Tidak seorang pun dapat mencapai Allah swt, kecuali
dengan terus-menerus dzikir kepada-Nya.

"Ada dua macam dzikir; Dzikir lisan dan dzikir hati. Si
hamba mencapai taraf dzikir hati dengan melakukan dzikir
lisan. Tetapi dzikir hatilah yang membuahkan pengaruh
sejati. Manakala seseorang melakukan dzikir dengan lisan
dan hatinya sekaligus, maka ia mencapai kesempurnaan
dalam suluknya.

Syeikh Abu Ali ad-Daqqaq berkomentar, "Dzikir adalah
tebaran kewalian. Seseorang yang dianugerahi
keberhasilan dalam dzikir berarti telah dianugerahi
taburan itu, dan orang yang tidak dianugerahinya berarti
telah dipecat."

Dikatakan bahwa pada awal perjalanannya, Dulaf asy-
Syibly biasa berjalan dijalan raya setiap hari dengan
membawa seikat cambuk di punggungnya.
Setiap kali kelalaian memasuki hatinya, ia akan melecut
badannya sendiri dengan cambuk sampai cambuk itu patah.

Kadang-kadang bekal cambuk itu habis sebelum malam tiba.
Jika demikian, ia akan memukulkan tangan dan kakinya ke
tembok manakala kelalaian mendatanginya.Dikatakan,

"Dzikir hati adalah pedang para pencari yang dengannya
mereka membantai musuh dan menjaga diri dari setiap
ancaman yang tertuju kepada mereka."

Jika si hamba berlindung kepada Allah swt. dalam
hatinya, maka manakala kegelisahan membayangi hati untuk
dzikir kepada Allah swt, semua yang dibencinya akan
lenyap darinya seketika itu juga.

"Ketika al-Wasithy ditanya tentang dzikir, menjelaskan,
"Dzikir berarti meninggalkan bidang kealpaan dan
memasuki bidang musyahadah mengalahkan rasa takut dan
disertai kecintaan yang luar biasa. "Dzun Nun al-Mishry
menegaskan, "Seorang yang benar-benar dzikir kepada

Allah akan lupa segala sesuatu selain dzikirnya. Allah
akan melindunginya dari segala sesuatu, dan ia diberi
ganti dari segala sesuatu.

"Abu Utsman ditanya, "Kami melakukan dzikir lisan kepada
Allah swt, tapi kami tidak merasakan kemanisan dalam
hati kami?" Abu Utsman menasihatkan, "Memujilah kepada
Allah swt. karena telah menghiasi anggota badanmu.
dengan ketaatan."

Sebuah hadis yang masyhur menuturkan, bahwasanya
Rasulullah saw. mengajarkan: “'Apabila engkau melihat
surga, maka merumputlah kamu semua di di dalamnya."

Ditanyakan kepada bellau, "Apakah taman surga itu, wahai
Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu kumpulan orang-
orang yang sedang melakukan dzikir kepada Allah." (H.r.
Tirmidzi).Jabir bin Abdullah menceritakan, "Rasulullah
saw. mendatangi kami dan beliau bersabda:

"Wahai ummat manusia, merumputlah di padang taman
surga!" Kami bertanya, "Apakah taman surga itu?' Beliau
menjawab, "Majlis orang melakukan dzikir."

Beliau bersabda, "Berjalanlah dipagi dan petang hari,
dengan berdzikir. Siapapun yang ingin mengetahui
kedudukannya di sisi Allah swt, melihat pada derajat
mana kedudukan Allah swt. pada dirinya.

Derajat yang diberikan Allah kepada hamba-Nya sepadan
dengan derajat dimana hamba mendudukkan-Nya dalam
dirinya.” (H.r. Tirmidzi, juga riwayat darl Abu Hurairah).

Asy-Syibly berkata, "Bukankah Allah swt. telah
berfirman, 'Aku bersama yang duduk berdzikir kepada-Ku'.
"Manfaat apa, wahai manusia dari orang yang duduk dalam
majelis Allah swt.?" Lalu ia bersyair berikut: Aku
mengingat-Mu bukan karena aku lupa pada-Mu sesaat;
Sedang bagian yang paling ringan adalah dzikir lisanku.

Tanpa gairah rindu aku mati karena cinta, Hatiku bangkit
dalam diriku, bergetar, ketika wujd memperlihatkan

Engkau adalah hadirku, Kusaksikan Diri-Mu di mana saja,
Lalu aku bicara kepada yang ada, tanpa ucapan, Dan aku
memandang yang kulihat, tanpa mata.Di antara karakter
dzikir adalah, bahwa dzikir tidak terbatas pada waktu-
waktu tertentu, kecuali si hamba diperintah untuk
berdzikir kepada Allah di setiap waktu, entah sebagai

kewajiban ataupun sunnah saja. Akan tetapi, shalat
sehari-hari, meskipun merupakan amal ibadat termulia,
dilarang pada waktu-waktu tertentu. Dzikir dalam hati
bersifat terus-menerus, dalam kondisi apa pun.

Allah swt. berfirman:"Yaitu orang orang yang dzikir
kepada Allah, baik sambil berdiri atau duduk atau dalam
keadaan berbaring (tidur)." (Q.s. Ali Imran: 191).

Imam Abu Bakr bin Furak mengatakan, "Berdiri berarti
menegakkan dzikir yang sejati, dan duduk berarti menahan
diri dari sikap berpura-pura dalam dzikir."Syeikh Abu
Abdurrahman bertanya kepada Syeikh Abu Ali ad-Daqqaq,

"Manakah yang lebih baik, dzikir ataukah tafakur?

Bagaimana yang lebih berkenan bagimu?" Beliau berkata,
"Dalam pandanganku, dzikir adalah lebih baik dari
tafakur, sebab Allah swt. menyifati Diri-Nya sebagai
Dzikir dan bukannya fikir.

Apa pun yang menjadi sifat Allah adalah lebih baik dari
sesuatu yang khusus bagi manusia." Maka Syeikh Abu Ali
setuju dengan pendapat yang bagus ini.Muhammad al-
Kattany berkata, "Seandainya bukan kewajibanku untuk
berdzikir kepada-Nya, tentu aku tidak berdzikir karena
mengagungkan-Nya. Orang sepertiku berdzikir kepada Allah
swt.? Tanpa membersihkan mulutnya dengan seribu tobat
karena berdzikir kepada-Nya!

"Saya mendengar Syeikh Abu Ali menuturkan syair:Tak
pernah aku berdzikir kepada-Mu melainkan hatiku, batinku
serta ruhku mencela diriku.Sehingga seolah-olah si Raqib
dari-Mu berbisik padaku,'Waspadalah, celakalah engkau.
Waspadalah terhadap dzikir!"Salah satu sifat khas dzikir
adalah, bahwa Dia memberi imbalan dzikir yang lain.
Dalam firman-Nya:"Dzikirlah kepada-Ku, niscaya Aku akan
dzikir kepadamu." (Q.s. Al Baqarah: 152).

Sebuah hadis menyebutkan bahwa Jibril as. mengatakan
kepada Rasulullah saw, bahwasanya Allah swt. telah
berfirman, "Aku telah memberikan kepada ummatmu sesuatu
yang tidak pernah Kuberikan kepada ummat yang lain."

Nabi saw. bertanya kepada Jibril, "Apakah pemberian
itu?" Jibril menjawab, "Pemberian itu adalah firman-Nya,
'Berdzikirlah kepada-Ku, niscaya Aku akan akan berdzikir
kepadaMu.' Dia belum pernah memfirmankan itu kepada
ummat lain yang mana pun."

Dikatakan, "Malaikat maut minta izin dengan orang yang
berdzikir sebelum mencabut nyawanya."
Tertulis dalam sebuah kitab bahwa Musa as. bertanya,
"Wahai Tuhanku, di mana Engkau tinggal?" Allah swt. berfirman,
"Dalam hati manusia yang beriman." Firman ini merujuk pada dzikir
kepada Allah, yang bermukim di dalam hati, sebab Allah
Maha Suci dari setiap bentuk "tinggal" dan penempatan.
"Tinggal" yang disebutkan di sini hanyalah dzikir yang
tetap dan sekaligus menjadikan dzikir itu sendiri kuat.
Ketika Dzun-Nun ditanya tentang dzikir, ia menjelaskan,

"Dzikir berarti tiadanya ingatan pelaku dzikir terhadap
dzikirnya."

Lalu ia membacakan syair:Aku banyak berdzikir kepada-Mu
bukan karenaaku telah melupakan-Mu;Itu hanyalah apa yang
mengalir dari lisanku.Sahl bin Abdullah mengatakan,

"Tiada sehari pun berlalu, kecuali Allah swt. berseru,

'Wahai hamba-Ku, engkau telah berlaku zalim kepada-Ku.
Aku mengingatmu, tapi engkau melupakan-Ku.
Aku menghilangkan penderitaanmu, tapi engkau terus
melakukan dosa. Wahai anak Adam, apa yang akan engkau
katakan besok jika engkau bertemu dengan Ku'?"

Abu Sulaiman ad-Darany berkata, "Di surga ada lembah-lembah
di mana para malaikat menanam pepohonan, ketika
seseorang mulai berdzikir kepada Allah.

Terkadang salah seorang malaikat itu berhenti bekerja
dan teman-temannya bertanya kepadanya, 'Mengapa engkau
berhenti?' Ia menjawab, 'Sahabatku telah kendor dzikirnya'. "

Dikatakan, "Carilah kemanisan dalam tiga hal: shalat,
dzikir dan membaca Al-Qur'an.

Kemanisan hanya dapat ditemukan di sana, atau jika tidak
sama sekali, maka ketahuilah bahwa pintu telah
tertutup.Ahmad al-Aswad menuturkan, "Ketika aku sedang
melakukan perjalanan bersama Ibrahim al-Khawwas, kami
tiba di suatu tempat yang dihuni banyak ular. Ibrahim
al-Khawwas meletakkan kualinya dan duduk, begitupun
denganku.

Ketika malam tiba dan udara menjadi dingin, ular-ular
itu pun berkeliaran. Aku berteriak kepada Syeikh, lalu
berkata, 'Dzikirlah kepada Allah!' Aku pun berdzikir,
dan ular-ular itu akhirnya pergi menjauh. Kemudian
mereka datang lagi.

Aku berteriak lagi kepada Syeikh, dan beliau menyuruhku
berdzikir lagi. Hal itu berlangsung terus sampai pagi.

Ketika kami bangun, Syeikh berdiri dan meneruskan
perjalanan, dan aku pun berjalan menyertainya.

Tiba-tiba seekor ular besar jatuh dari kasur gulungnya.
Kiranya semalam ular itu telah tidur bergulung bersama
beliau. Aku bertanya kepada Syeikh, Apakah Anda tidak
merasakan adanya ular itu?'
Beliau menjawab, "Tidak.
Sudah lama aku tidak merasakan tidur nyenyak seperti
tidurku semalam'."

Abu Utsman berkata, "Seseorang yang tidak dapat
merasakan keganasan alpa, tidak akan merasakan sukacita
dzikir."As-Sary menegaskan, "Tertulis dalam salah satu
kitab suci, 'Jika dzikir kepada-Ku menguasai hamba-Ku,
maka ia telah asyik kepada-Ku dan Aku pun asyik
kepadanya'."

Dikatakan pula, "Allah mewahyukan kepada Daud as,
'Bergembiralah dengan-Ku dan bersenang-senanglah dengan
dzikir kepada-Ku'!"Ats-Tsaury mengatakan, "Ada hukuman
atas tiap-tiap sesuatu, dan hukuman bagi seorang ahli
ma'rifat adalah terputus dari dzikir kepada-Nya."

Tertulis dalam Injil, "Ingatlah kepada-Ku ketika engkau
dipengaruhi oleh kemarahan, dan Aku akan ingat kepadamu
ketika Aku marah. Bersikap ridhalah dengan pertolongan-

Ku kepadamu, sebab itu lebih baik bagimu dari
pertolonganmu kepada dirimu sendiri.

"Dikatakan, 'Apabila dzikir kepada-Nya menguasai hati
manusia dan setan datang mendekat, maka ia akan
menggeliat-geliat di tanah seperti halnya manusia
menggeliat-geliat manakala setan-setan mendekatinya.

Apabila ini terjadi, maka semua setan akan berkumpul dan
bertanya, Apa yang telah terjadi atas dirinya?' Salah
seorang dari mereka akan menjawab, 'Seorang manusia
telah menyentuhnya'."Sahl berkata, "Aku tidak mengenal
dosa yang lebih buruk dari lupa kepada Allah swt."

Dikatakan bahwa malaikat tidak membawa dzikir batin
seorang manusia ke langit, sebab ia sendiri bahkan tidak
mengetahuinya. Dzikir batin adalah rahasia antara si
hamba dengan Allah swt.Salah seorang Sufi menuturkan,

"Aku mendengar cerita tentang seorang, laki-laki yang
berdzikir di sebuah hutan. Lalu aku pergi menemuinya.
Ketika ia sedang duduk, seekor binatang buas
menggigitnya dan mengoyak dagingnya. Kami berdua pingsan.

Ketika ia siuman, aku bertanya kepadanya tentang hal
itu, dan ia berkata kepadaku, Binatang itu diutus oleh Allah.

Apabila engkau kendor dalam berdzikir kepada-Nya,
ia datang kepadaku dan menggigitku sebagaimana yang engkau saksikan'.

"Abdullah Al-jurairy mengabarkan, "Di antara murid-murid
kami ada seorang laki-laki yang selalu berdzlkir dengan
mengucap 'Allah, Allah.' Pada suatu hari sebatang cabang
pohon patah dan jatuh menimpa kepalanya. Kepalanya pun
pecah dan darah mengalir ke tanah membentuk kata-kata "Allah, Allah "


Lading_Emas
~*~ Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... ~*~